Wednesday, November 20, 2013

Contoh Artikel pengaruh air terhadap kesehatan





 









PENGARUH AIR TERHADAP KESEHATAN TORANG SAMUA


Mengapa saya megambil judul yang begitu ? karena, peengunaan air yang tidak memenuhi persyaratan dapat menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut dapat berupa penyakit menular maupun penyakit tidak menular. Penyakit menular umumnya disebabkan oleh makhluk hidup, sedangkan penyakit tidak menular umumnya bukan disebabkan oleh makhluk hidup.
Sungai yang ada di Kota Manado ini Tidak lagi menjadi sumber air minum, karena kondisi airnya yang buruk sehingga menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit. Di perkirakan sumber air minum di Kota Manado akan habis dalam tahun-tahun yang akan datang sehubung dengan kepadatan penduduk yang semakin banyak, lahan untuk membuat perumahan sudah sempit, dan sedikitnya sumber cadangan air minum di Kota Manado. Sungai dan danau merupakan satu-satunya sumber cadangan air minum yang ada di Kota Manado, kalau sungainya sudah tercemar, apa lagi yang bisa kita manfaatkan menjadi air minum?.
Air adalah media yang untuk tempat bersarangnya bibit penyakit. Menurut slamet (2002) beberapa penyakit menular melalui air yang sering ditemukan di Indonesia diantaranya : Cholera (penyakit usus halus yang akut dan berat), Typhus Abdominalis (penyakit usus halus ), Hepatitis A, dan Dysentrie amoeba.
Air juga dapat berperan bagi sarang Insekta yang membawa/menyebarkan penyakit pada masyarakat. Insekta demikian disebut vektor penyakit. Beberapa penyakit yang disebarkan vektor penyakit diantaranya antara :
·         Kaki gajah (Filariasis) disebabkan oleh cacing filaria. Yang membawa larva cacing adalah nyamuk culex fatigans
·         Penyakit Demam berdarah (DBD) vektor yang membawa penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti
·         Penyakit Malaria disebabkan oleh vektor penyakit nyamuk Anopheles
Sungai sudah tercemar, bibit penyakit sudah semakin bertambah bahkan banyak masyarakat yang telah menjadikan sungai yang ada di Kota Manado sebagai WC umum kalau sudah begini sungai pasti sudah menyimpan ratusan bahkan ribuan bibit penyakit vor torang masyarakat, Jadi saya sarankan kepada masyarakat Kota Manado agar Mari jo torang Jaga,  Lestarikan torang pung Sumber Air Minum, Berantas Bibit Penyakit agar Kota Manado menjadi Kota yang Bersih, Sehat dan Peduli akan Lingkungan.
 

No comments:

Post a Comment