Thursday, October 31, 2013

Makalah Belimbing Wuluh Menjadi Sumber Listrik

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Beberapa tahun belakangan ini energi merupakan persoalan yang dibicarakaan didunia. Peningkatan permintaan energi yang disebabkan oleh pertumbuhan populasi penduduk dan menipisnya sumber cadangan minyak dunia serta permasalahan energi dari bahan bakar fosilmemberikan tekanan kepada setiap negara untuk segera memproduksi dan menggunakan energi terbaharukan. Selain itu, peningkatan harga minyak dunia hingga mencapai 100 U$ per barel juga menjadi alasan yang serius yang menimpa banyak negara di dunia terutama Indonesia.

Melonjaknya harga minyak dunia akan memberikan dampak yang besar bagi pengambangan sumber daya tenaga listrik di Indonesia. Karena harga BBM yang terus melonjak serta masih kurangnya sumber pembangkit tenaga listrik lain sehingga tarif  listrik akan meningkat juga.

Karena meningkatnya tarif listrik di tambah lagi masih banyak warga indonesia khususnya di daerah pedalaman yang belum tersentuh listrik, maka perlu dilakukan pengembangan sumber energi listrik alternatif yang mudah dan murah.

Melihat hal tersebut, maka dibutuhkan suatu energi yang terbarukan sehingga dapat mengurangi penggunaan energi yang tak terbarukan seperti minyak bumi. salah satunya dengan memanfaatkan sari buah blimbing wuluh sebagai sumber energi listrik, atau bisa juga dengan buah-buah yang lainnya seperti jeruk, kulit pisang dll. Tetapi menurut kami buah belimbing wuluh-lah yang paling berpotensi menghasilkan energi listrik.
Karena menurut kami, belimbing wuluh mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi dan memiliki kandungan kimia, antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Sehingga buah belimbing wuluh dapat berpotensi untuk menghasilkan listrik.


                        Grifky Lasatira
OLEH  ......................................................


B. RUMUSAN MASALAH
          Apakah buah belimbing wuluh dapat menghasilkan energi listrik


C. TUJUAN
            Untuk mengetahui apakah buah belimbing wuluh dapat menghasilkan energi listrik


D. MANFAAT
1.      Teoritis : agar kami mengembangkan buah belimbing wuluh menjadi penghasil energi listrik.  karena, menurut kami belimbing wuluh merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia terutama di Maluku dan lebih terkhususnya di Seram Bagian Barat
2.      Praktis : membantu pemerintah dalam menangani lonjaknya harga bahan bakar minyak, dan juga dapat menjadi sumber energi yang murah dan praktis.














BAB II
KAJIAN TEORI
 


Klasifikasi dari Belimbing Wuluh

Add caption
Kingdom                   : Plantae
Divisio             : Magnoliophyta
Class               : Magnoliopsida
Ordo                : Oxalidales
Family             : Oxalidaceae
Genus              : Averrhoa
Spesies            : Averrhoa Bilimbi

Belimbing sayur, belimbing wuluh, belimbing buluh, atau belimbing asam adalah sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari  Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya. Buahnya yang memiliki rasa asam sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.
Belimbing adalah pohon buah yang tingginya mencapai 15 m. Batangnya tak begitu besar, bergaris tengah 30 cm. Ia kasar dan berbenjol-benjol, percabangannya sedikit, dan condong ke atas. Cabang mudanya berambut halus, seperti beledu dan berwarna cokelat muda. Daunnya tersusun dalam bentuk ganda. Bentuknya kecil, berbentuk telur, dan jumlahnya 21-45 cm. Daunnya termasuk majemuk, menyirip, dan ganjil. Anak daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai jorong, ujungnya runcing, pangkalnya membulat, tepinya rata. Ukuran daunnya adalah: 2-10 cm × 1-3 cm. Ia berwarna hijau, dan permukaan bawahnya berwarna hijau muda. Perbungaannya majemuk, dan tersusun dalam malai (panjangnya 5-20 cm). Berkelompok, keluar dari percabangan yang besar, kecil-kecil berbentuk bintang dan berwarna ungu kemerahan /merah saja. Buahnyatermasuk buah buni, berbentuk bulat lonjong bersegi, panjangnya 4-6,5 cm, berwarna hijau kekuningan, berair banyak jika sudah masajm dan rasanya asam. Bentuk biji bulat telur, gepeng.



Berdasarkan Nama Daerah
·         Maluku: Balimbing Wuluh
·         bahasa Bugis Soppeng: Caleneng,
·         Aceh: Limeng ungkot, bohlimeng
·         Gayo: selemeng
·         Batak: asom, belimbing, balimbingan
·         Nias: malimbi,
·         Minangkabau: balimbieng,
·         Melayu: belimbing asam,
·         Lampung: balimbing,
·         Sunda: calincing, balingbing,
·         Jawa: blimbing wuluh,
·         Madura: bhalingbhing bulu,
·         Bali: blingbing buloh,
·         Bima: limbi,
·         Flores: balimbeng,
·         Sawu: libi,
·         Sangir: belerang,
·         Banjarmasin: Belimbing tunjuk.
·         Makassar : Bainang

          Belimbing wuluh merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kita sebagai manusia karena mempunyai khasiat yang sangat tinggi. Diantaranya :

1.     Sakit Gondongan
Ambil setengah genggam daun belimbing wuluh dan tumbuk bersama dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan.
2.     Obat Batuk
Di sini ada dua cara. Yang pertama, rebus daun, bunga, dan buah belimbing wuluh dalam jumlah yang sama dalam air yang mendidih selama setengah jam. Minum airnya. Sedang untuk cara kedua, ambil segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunganya, serta dua buah belimbing wuluh. Rebus dengan 2 gelas air bersama gula batu hingga airnya sisa setengah. Saring dan minum 2 kali sehari.


3.     Diabetes
6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari.
4.     Rematik
Cuci segenggam daun belimbing wuluh. Tumbuk sampai halus dan tambahkan kapur sirih lalu gosokkan ke bagian yang sakit.
5.     Sariawan
Rebus 10 kuntum bunga belimbing wuluh, asam jawa, dan gula aren dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 3/4 bagian. Saring lalu minum dua kali sehari.
6.     Sakit Gigi
Cuci 5  buah belimbing wuluh lalu kunyah dengan garam. Ulangi beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya.

Sekedar tambahan, bagi penderita sakit maag sebaiknya TIDAK mengkonsumsi belimbing wuluh.















BAB III



A. Lokasi Penelitian
·         Piru, Maluku, Indonesia



B. Populasi Dan Sampel
·         Belimbing Wuluh



C. Variabel Penelitian
          Bebas              : Belimbing Wuluh
          Terikat             : Sebagai Alternatif  Energi Listrik


D. Instrumen Penelitian
          Kuisioner
1.      Apakah dalam 1Kg Belimbing Wuluh Dapat Menghasilkan Listrik yang Kuat

2.      Apakah jenis tanah juga dapat mempengaruhi Belimbing Wuluh untuk menghasilkan listrik

No comments:

Post a Comment